Router Fonera Dengan Feature Terdepan dan Kualitas Mengagumkan


Pada artikel sebelumnya yang berjudul “Mudahnya Membuat Jaringan Wireless Dengan Fonera (part1)”, dimana artikel tersebut menjelaskan tentang konfigurasi dan penggunaan dari FONERA 2.0N WIFI ROUTER (FON2303). Kali ini kami akan coba menjelaskan tentang perbedaan dan kelebihan router Fonera, dibandingkan dengan router yang sejenis.
Fonera 2.0 Router
Open Source
Pada router Fonera ini tertanam software Open Source. Dengan tampilan yang lebih mudah untuk dimengerti serta konfigurasi yang ringkas, hingga anda yang baru pertama kali melakukan konfigurasi router pun bisa menerapkannya pada fouter Fonera ini.
Selain itu, software Open Source menjadikan pemilik router ataupun penyedia aplikasi yang mendukung (Third Parties) bisa menginstall aplikasi tambahan kedalam router Fonera.
Open Source pada Fonera
Kemudahan Proses Upload
Bagi yang suka berbagi atau upload file melalui jaringan sosial, dengan menggunakan router Fonera akan lebih mudah melakukan proses tersebut.
Tancapkan harddisk eksternal atau flashdisk berisikan file yang ingin diupload, tunggu beberapa saat hingga ikon filebrowse pada menu header sudah tidak terdapat tanda “X” (silang).
Kemudahan proses upload Fenora
Lakukan proses authentication dengan cara masuk pada menu Youtube UploaderFlickr Uploader atau yang lainnya sesuai dengan apa yang ingin disinkronkan dengan account anda. Klik ikon authentication yang terletak pada sisi kiri bawah, pada contoh kami melakukan proses authentication account facebook. Jika berhasil akan ada konfirmasi dari Fonera ataupun dari jaringan sosial yang bersangkutan.
Hasil upload dari Fonera
Masuk ke filebrowser dari menu header, dan cari file yang ingin diupload. Fonera mampu membedakan format file yang mendukung jaringan sosial FacebookPicasaFlickr atau Youtube. Klik pada icon jaringan sosial yang diinginkan. Selanjutnya biarkan Fonera melakukan proses upload itu secara otomatis.
Otomatis Proses Download / Unduh
Seringnya kita mengunduh file dari internet dengan kapasitas yang cukup besar, seperti file movie HD, software atau lainnya yang berekstensi torrent. Semakin besar file yang diunduh, semakin lama pula proses yang dibutuhkan untuk mendapatkan file tersebut dan tersimpan di harddisk. Yang secara tidak langsung PC atau laptop harus menyala selama proses unduh.
Dengan menggunakan router Fonera, tidak perlu lagi PC atau laptop menyala terus menerus. Karena Fonera mampu melanjutkan proses unduh file ber-ekstensi torrent tadi secara otomatis, dan akan disimpan pada storage yang terpasang ada port USB Fonera.
Fonera Router yang hebat dan tangguh
Tancapkan storage pada port USB di Fonera, Fonera mampu membaca storage berformat selain NTFS juga. Masuk ke menu Torrent lalu Fonera akan meminta untuk melakukan installasi aplikasi torrent pada storage. Proses ini butuh waktu sesaat, jika selesai maka Fonera akan menampilkan menu torrent seperti gambar berikut.
Apliaksi Torrent pada Fonera Router
Klik ikon Transmission WebUI yang selanjutnya akan muncul tab baru, masukkan data berikut :
  •  Username           : admin
  • Password            : (sesuai dengan password dashboard fonera, default “admin”)
Sekarang anda membutuhkan aplikasi remote transmisi GUI untuk mengatur kinerja dari torrent milik Fonera ini, nantinya akan disinkronkan melalui Transmission WebUI yang tadi telah diaktifkan. Anda bisa unduh aplikasi Transmission Remote GUI di http://code.google.com/p/transmisson-remote-gui/ . Lakukan instalasi seperti biasa.
User interface Fonera Wireless Router
Buka aplikasi Transmission Remote GUI yang sudah diinstall di PC atau laptop tadi, masukkan data berikut di tab connection options :
  •  Remote Host     : fonera
  • Port                       : 9091
  • User name          : admin
  • Password            : (sesuai dengan password dashboard fonera, default “admin”)
Klik OK, selanjutnya aplikasi ini akan meminta untuk melakukan update beberapa program .dat dan .zip, ikuti saja dan lakukan update. Selama proses ini koneksi internet tetap dibutuhkan.
User interface Fonera Wireless Router
Setelah proses update selesai serta aplikasi Transmission Remote GUI telah aktif, klik menu Torrent – Add torrent. Cari file torrent yang sudah anda simpan di storage PC atau laptop, klik open. Selanjutnya muncul tab baru, anda bisa tetap membiarkan semua file tercentang atau bisa menghilangkan beberapa file yang tidak perlu diunduh, lalu klik OK.
Transmission Remote GUI pada Fonera
Akan terlihat proses unduh yang sedang berjalan dari jendela aplikasi Transmission Remote GUI, anda bisa tutup jendela aplikasi ini. Kembali ke menu dashboard milik Fonera, masuk ke menu Torrent dan di tabel akan terlihat proses unduh yang sedang berjalan. File tersebut merupakan file yang sama dengan apa yang sudah anda unduh dari aplikasi Transmission Remote GUI tadi, bedanya kini anda bisa mematikan PC atau laptop dan biarkan proses unduh tersebut dilanjutkan oleh router Fonera secara otomatis.
Sangat praktis!
Berbagi dengan Komunitas Fon
Pada artikel “Mudahnya Membuat Jaringan Wireless Dengan Fonera (part1)” sebelumnya telah dijelaskan bahwa FONERA 2.0N WIFI ROUTER (FON2303) memiliki 2(dua) SSID atau nama wifi, dimana jaringan tersebut bersifat publik dan yang satunya private.
Untuk SSID yang bersifat private nantinya digunakan untuk anda pribadi, dimana terdapat konfigurasi dan encryption yang bisa dirubah sesuai dengan kehendak. Cara konfigurasi terdapat pada artikel sebelumnya. Sedang publik dapat digunakan untuk sesama komunitas atau pengguna Fonera, hanya sedikit bagian dari bandwith yang anda miliki digunakan dalam jaringan wifi publik ini.
Hingga anda tidak akan terganggu saat jaringan publik ini digunakan, serta anda akan tetap aman menggunakan wifi pribadi. Karena fonera memiliki keamanan khusus terhadap komunitas fonera yang terhubung pada jaringan publik.
Agar bisa menggunakan jaringan publik ini dan bergabung dengan komunitas Fon, diperlukan registrasi secara gratis di http://corp.fon.com/en/login/.
WiFi for Everyone dari Fonera
Setelah selesai anda akan mendapatkan konfirmasi dari Fonera via email, username dan password yang diregistrasikan tadi berfungsi untuk masuk kedalam jaringan publik yang dipancarkan Fonera.
Dukungan website resmi FoneraDengan bergabung dalam komunitas Fonera dan memiliki router Fonera, anda telah secara tidak langsung mendukung jaringan wireless secara global yang berdampak pada kemudahan setiap user, termasuk anda untuk mendapatkan jaringan internet secara gratis, disaat berada disekitar pengguna router fonera lainnya.
Fonera Maps
Melalui website resminya di http://maps.fon.com/en anda bisa menemukan sesama komunitas dan pengguna router fonera yang ada disekitar, dengan melihat peta yang ditampilkan oleh website Fonera tersebut.
Indahnya berbagi!
Port USB Fonera yang multifungsi
Pada sisi depan router Fonera terdapat port USB, sejatinya berfungsi untuk menghubungkan beberapa device yang mendukung seperti Printer, Flashdisk, Harddisk Eksternal, Webcam dan 3G Modem USB.
Salah satu kelebihan dari port USB ini dibandingkan dengan perangkat sejenis adalah port USB pada router Fonera ini dapat dipasang USB Hub, hingga dalam waktu bersamaan bisa menancapkan dan menggunakan beberapa USB device.
Gambar fisik FoneraPada saat kami uji coba, FONERA 2.0N WIFI ROUTER (FON2303) mampu menjalankan 3(tiga) device USB dalam waktu bersamaan yaitu modem Huawei e1550Flashdisk Kingston 4Gb dan Harddisk Eksternal Buffalo 320Gb. USB Hub yang kami gunakan adalah MUMUKSU USB HUB MU 104.  Untuk konfigurasi pada 3G Modem USB bisa dilihat di artikel Mudahnya Membuat Jaringan Wireless Dengan Fonera (part1) .


Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Router Fonera Dengan Feature Terdepan dan Kualitas Mengagumkan ini dipublish oleh Unknown pada hari Selasa, 05 Maret 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Router Fonera Dengan Feature Terdepan dan Kualitas Mengagumkan
 

0 komentar:

Posting Komentar